Dekorasi Rumah Masa Kini

Perabotan Dapur yang Sering Menjadi Sarang Kuman

Perabotan Dapur yang Sering Menjadi Sarang Kuman – Dapur merupakan tempat dimana berbagai bahan makanan diolah dan disajikan. Selain itu dapur kerap juga dijadikan sebagai lokasi penyimpanan makanan. Oleh sebab itu dapur harus selalu dijaga kebersihannya agar terhindar dari kuman karena ini menyangkut kesehatan makanan yang kita makan.

Perabotan Dapur yang Sering Menjadi Sarang Kuman
Perabotan Dapur yang Sering Menjadi Sarang Kuman

Terkadang kuman datang dan menyebar dari perabot dapur yang digunakan. Hal ini disebabkan karena tidak dibersihkan secara serius hanya dibersihkan sekadarnya saya. Lalu apa sajakah perabot dapur yang sering menjadi sarang kuman? Yuk simak ulasan berikut ini.

Perabotan Dapur yang Sering Menjadi Sarang Kuman

TalenanTalenan

Talenan merupakan perabot dapur yang digunakan sebagai alas untuk memotong bahan makanan. Disaat digunakan untuk mengiris daging atau bahan makanan lain tentu akan terjadi gesekan pada talenan sehingga muncul lubang gesekan pada permukaan telenan. Lubang inilah yang kerap menjadi sarang kuman. Meskipun sudah dibilas dengan air, kuman masih mengendap masuk pada lubang tersebut.

Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan air panas lalu sikat permukaan talenan menggunakan sikat gigi kemudian keringkan. Selain itu, sebaiknya selalu bedakan talenan untuk memotong makanan yang sudah diolah dengan bahan makanan mentah.

Lap dapurLap dapur

Seberapa kali Anda mencuci lap dapur Anda? Apakah setiap hari? Lap dapur yang jarang dibersihkan setiap hari dapat menjadi sarang kuman. Padahal setiap kali memasak pasti menggunakan perabot ini untuk membersihkan meja dapur atau permukaan kompor sehingga lap menjadi lembab dan berminyak. Nah jika Anda menyentuh lap kotor tersebut bisa jadi kuman akan pindah ke tangan Anda. Jadi bersihkanlah lap dapur secara teratur setiap hari.

CelemekCelemek

Tidak ada kain lap,celemek pun jadi. Ini merupakan kebiasaan yang kerap kali terjadi di setiap kegiatan memasak. Celemek yang lembab dapat mengundang bakteri untuk bersarang pada celemek. Maka cucilah celemek setelah digunakan seharian di dapur.

PisauPisau

Sama halnya seperti talenan diatas. Sebaiknya gunakanlah pisau yang berbeda setiap kali memotong bahan makanan mentah dengan makanan yang sudah diolah agar pisau tidak saling menyebarkan kuman. Yang terpenting cucilah pisau seusai digunakan terutama pisau daging, karena jika tidak langsung dicuci permukaan pisau akan menjadi lengket dan memudahkan kuman melekat pada pisau tersebut.

rak sendokRak sendok

Rak sendok kerap sekali jarang diperhatikan kebersihannya, hanya sendokya saja yang dibersihkan. Padahal kuman akan mudah menempel saat Anda memasukkan sendok pada kondisi basah pada rak sendok sehingga akan mengontaminasi rak sendok. Maka biasakan keringkan dahulu sendok yang baru dicuci sebelum Anda memasukkan pada rak dan selalu bersihkan rak sendok secara teratur.

KulkasKulkas

Kulkas merupakan tempat dimana menyimpan bahan makanan sebelum dimasak atau bisa juga untuk menyimpan bahan makanan yang sudah jadi. Akan tetapi selalu perhatikan kondisi makanan yang disimpan dan kondisi suhu kulkas karena jika makanan dibiarkan di kulkas sampai membusuk maka akan mengkontaminasi makanan lainnya yang masih segar. Bersihkan kulkas minimal 2 minggu sekali dan pastikan kondisi makanan tetap segar.

WastafelWastafel dapur

Kebiasaan tidak membersihkan sisa sampah makanan pada wastafel saat selesai mencuci piring dapat mengundang bakteri berkumpul pada wastafel.  Oleh karena itu bersihkanlah sisa makanan yang menempel di wastafel dengan membilasnya saat usai mencuci piring dan pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel lalu keringkan. permukaanya.

Spons cuci piringSpons cuci piring

Jangan biarkan spons cuci piring basah dan terendap pada sabun cuci piring karena ini dapat menebabkan kuman atau bakteri mudah beradaptasi dan menempel pada spons cuci piring.  Segera cuci spons setelah digunakan lalu simpan pada kondisi kering.

Itulah tadi ulasan mengenai perabotan dapur yang sering menjadi sarang kuman yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya artikel diatas dapat memberikan pengetahuan kepada Anda perihal kebersihan dapur di rumah kesayangan Anda.